Kamis, 07 Juni 2012

Produksi Sandang dan Pangan Kubu Raya

Potensi disetiap daerah mungkin berbeda-beda disini penulis ingin berbagi sedikit tentang apa saja potensi daerah yang ada di Indonesia khusunya untuk Kabupaten Kubu Raya. Sebelum menggali lebih dalam tentang potensi daerah di Kabupaten Kubu Raya ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang Pengertian dasar dari Potensi daerah, “kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan”. Dengan demikian Potensi Daerah Kabupaten Kubu Raya secara umum mempunyai pengertian kemampuan daerah yang dimunginkan untuk dikembangkan secara optimal, sehingga memberikan dampak positif dalam memajukan potensi-potensi yang ada di daerah kabuaten Kubu Raya.


Produksi beras di Kabupaten Kubu Raya sendiri sampai saat ini mencapai 190.000 ton per tahun dengan luas area panen mencapai 50 ribu hektare. Harga beras di penggilingan berkisar antara Rp 6.800 hingga Rp 7.000 per kilogram,”
Hasil panen padi perdana di Kabupaten Kubu Raya cukup menggembirakan.
Dari 3.000 hektare lahan di Dusun Parit Keladi II dan Desa Kalimas II menghasilkan 12 ribu ton beras. Potensi ini yang tengah dilirik Bulog Divre Kalbar menjajaki kerja sama membeli beras lokal kabupaten itu.
Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalbar rencananya melakukan pembicaraan ulang terkait kesepakatan harga. Dalam waktu dekat Kepala Bulog Divre Kalbar, Haryo Bawono, berencana mengadakan pertemuan dengan seluruh pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) membicarakan masalah harga. “Kita telah memiliki harga standar untuk membeli beras petani dengan harga Rp 6.600 per kilogram,” kata Haryo.

0 komentar:

Posting Komentar